Info TNINasional

Wanita TNI Satgas Garuda Sosialisasikan Kesehatan Diri dan Lingkungan Bagi Kaum Wanita di Kongo

IdentikPos.com, Kongo – Wanita TNI yang dikenal sebagai Female Engagement Team (FET) Satgas Garuda mensosialisasikan tentang kesehatan diri dan lingkungan bagi kaum wanita di Kongo.

Hal itu dikatakan oleh Kapten CHB (K) Arpah selaku Komandan Tim (Dantim) FET Satgas TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXIX-C Batalyon Gerak Cepat (BGC)/ MONUSCO (Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo), dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, bertempat di Administration du territoire de Walungu, Republik Demokratik Kongo, Rabu (20/4/2021).

Kegiatan sosialisasi ini diisi secara bergantian oleh Kapten CHB (K) Arpah, Lettu CKM (K) Tiara Dewi dan Serka (K) Ika Risma. Dimana kaum wanita Kongo dijelaskan mengenai kebersihan lingkungan khususnya tentang cara menjernihkan air dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti botol bekas air mineral, batu kerikil, kapas dan arang.

Selanjutnya mereka diajarkan tentang kebersihan diri khususnya organ kewanitaan yaitu cara menggunakan dan mencuci pembalut wanita yang benar. Dikarenakan masih banyak wanita disana yang menggunakan pembalut dari kain. “Tak kalah penting, sosialisasi ini juga menjelaskan tentang cara mandi yang baik khususnya mengenai penggunaan air bersih, sampo, sabun dan menyikat gigi”, ucapnya.

Disamping itu FET juga melaksanakan kunjungan langsung ke rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Adapun pemeriksaan meliputi cek suhu tubuh, mengukur tekanan darah, memeriksa denyut jantung dan menanyakan keluhan pasien serta pemberian vitamin.

 

Pewarta : Yahman Efendi/Puspen TNI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button