Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif, Membuka Secara Resmi Kegiatan TMMD Ke-113 Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022

IdentikPos.com, Pesisir Barat – Di Pekon Suka Maju Ngaras pada Rabu 11 Mei 2022, di hadiri Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif,S.H dan membuka secara resmi Acara TMMD di Pekon Suka Maju Kecamatan Ngaras.

Turut hadir dalam Acara tersebut, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda Pesisir Barat Lampung Barat, Anggota DPRD Pesisir Barat, Kepala OPD, Camat, Peratin, dan Masyarakat Pekon Suka Maju.

Laporannya Komandan Kodim/0422 Letkol Czi Anthon Wibowo menyampaikan, Untuk tahun 2022 ini kegiatan TMMD yang akan kita laksankan yaitu berupa :

1. Pekerjaan pembukaan badan jalan dengan panjang 1100 meter lebar 6 meter, ), gorong- gorong panjang 1 meter tinggi 1,5 meter lebar 6 meter (unit),

2. Pembangunan sarana air bersih panjang 4175 meter.

3. Rehab masjid plafond dan granit 18 x 18 meter (1 unit), gorong-gorong panjang 1 meter tinggi 1,5 meter lebar 6 meter (unit). Selain program fisik TMMD juga akan melakukan kegiatan- kegiatan non fisik yang berupa pelatihan, pelayanan KTP gratis, KB gratis dan lain- lain

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Pesisir Barat menyampaikan, TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah beserta masyarakat yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, yang juga bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Dimana untuk tahun 2022 ini, untuk Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat dilaksanakan di Pekon Suka Maju Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat, dengan tema “ Tentara Manunggal Membangun Desa Dedikasi Terbaik Membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia ”.

Sementara itu, ditempat yang sama Letkol Czi Anthon Wibowo, Dandim Kodim 0422/LB menjelaskan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan Komponen Bangsa lainnya guna membangun dan membantu masyarakat yang berada di desa yang tergolong tertinggal

” Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa dilaksanakan secara rutin guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, kegiatan ini Merupakan Operasi Bhakti TNI yang
dilaksanakan secara Terpadu dan Lintas Sektoral Bersama Kementerian/LPNK, Pemda serta Komponen Masyarakat sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka Percepatan Pembangunan di daerah, ” Tegas Dandim.

Dengan Mengusung Tema, ” Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” TMMD Ke-113 Kodim 0422/LB melibatkan sebanyak 150 personil Gabungan baik TNI, Polri, Pemerintahan dan masyarakat untuk melaksanakan Empat (4) Program Fisik di Pekon Sukamaju yang akan dilaksanakan pada 11 Mei – 9 Juni 2022 diantaranya :

1. Pembukaan Badan Jalan sepanjang Seribu seratus Meter ( 1.100 m) dengan lebar enam (6) meter.

2. Pembangunan sarana air bersih sepanjang 4.175 meter.

3. Renovasi Masjid Baitun Janah Flavon dan Granit 18 x 18 meter.

4. Pembuatan Gorong-gorong.

Selain kegiatan Fisik, sejumlah pelayanan Non Fisik juga akan dilaksanakan pada TMMD Ke-113 di Pekon Sukamaju diantaranya :

– Pelayanan Penyuluhan Kamtibmas dan Bahaya Narkoba oleh Polres Lambar.

– Pelayanan KB gratis oleh Dinas BKKBN Pesibar.

– Pembuatan E-KTP oleh Dinas Dukcapil Pesibar.

– Penyuluhan Perkebunan dan Pertanian oleh Dinas Pertanian Pesibar.

– Pelayanan Posbindu dan Posyandu

– Pelaksanaan giat lomba lukis, Pagelaran seni, Donor Darah serta sejumlah pelayanan lainnya.

Sementara itu, Dalam acara pembukaan TMMD Ke 113 Kodim O422/LB dilakukan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, pemberian santunan untuk Anak Yatim serta bantuan alat olahraga untuk Karang Taruna.

 

 

 

 

Pewarta: Ido Lesmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*