DaerahKesehatanPemerintahan

Tingkatkan Iman dan Taqwa, Bupati Lambar Bersama Masyarakat Peringati Isra Miraj 1442 Hijriyah

IdentikPos.com, Lampung Barat – Dalam meningkatkan iman dan taqwa yang notabene merupakan satu dari tujuh program unggulan yang dimiliki kabupaten Lampung Barat (Lambar), Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus melakukan peringatan Isra’ Mi’raj 1442 Hijriyah tahun 2021 di kediamannya Pekon (Desa) Purawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu Pada Kamis, (25/3/2021).

Peringatan Isra’ Mi’raj yang diselenggarakan itu menghadirkan Penceramah Ust. Asep Nurkholis dari Bandar Lampung dan dihadiri oleh masyarakat sekitar 300 orang.

Pak Cik (sapaan akrab Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus itu), biasanya momen acara seperti yang diselenggarakan itu mencapai hinga ribuan orang yang hadir. Namun ditengah pandemi covid-19, sehingga pesertanya dikurangi untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19.

“Hari Selasa kemarin (23/3), Bupati sudah menyelenggarakan kegiatan seperti ini di Rumah Dinas. Tetapi jumlahnya terbatas, jumlahnya hanya 300 orang. Peserta dibatasi, karena secara aturan tak boleh terlalu banyak, untuk menghindari penyebaran wabah covid-19,” ungkap Pak Cik.

Dihadapan para jamaah, dari lurah/peratin, tokoh adat, tokoh masyarakat dan juga dihadapan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang merupakan Istri Pak Cik itu, Ia mengucapkan terimakasih atas kehadiran jamaah yang hadir.

“Kami ucapkan setingi-tingginya atas kehadiran seluruh bapak/ibu jamaah pengajian. Sudah tulus ikhlas melangkahkan kaki mengayunkan tangan untuk hadir. Mohon maaf jika tak semuanya biasa diundang, karena harus mematuhi aturan yang tak boleh melebihi 300 orang,” tutur Parosil.

Pada kesempatan tersebut, Parosil melakukan penyerahan insentif Guru Ngaji, Marbot dan Imam Masjid untuk empat kecamatan, itu merupakan salah satu perhatian pemerintah untuk masyarakat dalam peningkatan iman dan taqwa. Empat kecamatan yang menerima insentif tersebut diantaranya, Kecamatan Sumber Jaya, Air Hitam, Kebun Tebu dan Gedung Surian.

1. Kecamatan Sumber Jaya

Guru ngaji : 18 orang

Imam Masjid : 6 orang

Marbot Masjid : 6 orang

2. Kecamatan Air Hitam

Guru ngaji : 29 orang

Imam Masjid : 10 orang

Marbot Masjid : 10 orang

3. Kecamatan Kebun Tebu

Guru ngaji : 30 orang

Imam Masjid : 11 orang

Marbot Masjid : 11 orang

4. Kecamatan Gedung Surian

Guru ngaji : 15 orang

Imam Masjid : 5 orang

Marbot Masjid : 5 orang

Parosil Mabsus, orang nomor satu di Bumi Beguai Jejama Sai Betik itu mengatakan, bahwa masyarakat diperbolehkan untuk menyelenggarakan acara di tengah pandemi covid-19 ini, tetapi diwajibkan memenuhi Prokol Kesehatan (Prokes).

“Silahkan saja melakukan kegiatan seperti ini, dari pengajian bulanan, pengajian mingguan, tetapi dengan mengedepankan protokol kesehatan,” kata Parosil.

Parosil juga berpesan kepada masyarakat, jika akan menyelenggarakan kegiatan yang banyak mengumpulkan orang, agar dapat mengkoordinasikan kepada Peratin dan Camat. Tujuannya agar mendapat pendampingan dari petugas kesehatan.

“Saya berpesan kepada masyarakat yang akan menyelenggarakan kegiatan dan mengumpulkan orang, segera koordinasikan dengan peratin, kemudian peratin lapor ke camat, selanjutnya camat koordinasikan ke puskesmas. Supaya kegiatan yang diselenggarakan didampingi protokol kesehatan,” ujarnya.

Terakhir, Parosil mengatakan di tahun 2021 ada dua program yang diluncurkan, diantaranya bantuan sosial untuk keluarga yang tertimpa musibah dan program pembayaran listrik untuk sarana ibadah.

“Pak Bupati tahun 2021 ini ada 2 program baru, pertama yaitu bantuan sosial untuk yang tertimpa musibah. Jika ada keluarga yang meninggal laporkan kepada Peratin dan Camat untuk segera diberikan bantuan,”.

“Program kedua, yaitu pembayaran rekening listrik untuk sarana ibadah, seperti Masjid, Gereja, Pure dan juga Vihara. Namun, untuk saat ini per Pekon baru 3 tempat ibadah yang dapat menerima program ini, karena keterbatasan anggaran karena dampak covid-19,” Pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Parosil meminta doa kepada para jamaah, agar selalu diberikan kesehatan serta kekuatan dalam menjalankan amanah rakyat.

“Memasuki tahun keempat memimpin Lampung Barat bersama Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, mohon do’anya agar Bupati selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan amanah rakyat dalam mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, menuju Lampung Barjaya,” tutupnya. (*/Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button