Perangkat Pekon di Lampung Barat Berharap, Siltap Bisa Cair Sebelum Lebaran

IdentikPos.com, Lampung Barat – Tidak sedikit dari kalangan Perangkat Desa mengharapkan bisa menerima gaji atau siltap menjelang hari lebaran. Pada hal mereka sama, sangat membutuhkan uang gaji atau siltap tersebut untuk keperluan biaya hidup sehari hari.

Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan sejumlah Perangkat Desa tetap harus bekerja secara profesional dan juga bertanggungjawab jawab atas Keberlangsungan hidup keluarganya.

Hal itu yang saat ini di rasakan oleh beberapa Perangkat Desa dan kepala Desa Yang ada di Kabupaten Lampung Barat, Apa lagi di masa Pandemi Covid-19 ini.

“ Kami juga sama sama megabdi untuk negara Pak. Bahkan pola kerja kita lebih berat. karena, Kami bekerja dan melayani masyarakat selama 24 jam. Tidak mengenal jam kerja, tapi ketika Momen seperti ini, Kami mau bilang apa Pak, ?” keluh bebera Perangkat Desa yang enggan disebutkan namanya.

Menanggapi hal itu, Agung Prasetyo Selaku Peratin (Kepala Desa), Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau yang berhasil di mintai keterangannya saat Tim Media ini bersilaturahmi kekediamannya, Atas keluhan beberapa Perangkat Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat ini Agung mengatakan,

” Aduh… gimana iya mas, Kalo Tanggapan saya Itu Perlu sama sama kita Pahami aja mas, saat ini kan belum semua Desa pencairan untuk penghasilan tetap (siltap) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga beban Kepala Desa dan Perangkatnya yang siltapnya belum dicairkan sangat besar menjelang lebaran. Apa lagi pekerjaan Perangkat Pekon (Desa) Lumayan Banyak. Itu sieh mas, ” Katanya

Lanjutnya, “ Menurut hemat saya, maka solusinya untuk meringankan beban Perangkat Desa adalah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2), dianggarkan dalam APBDes yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) segera dicairkan mas, Sehingga bisa sedikit membawa angin segar bagi para Peratin (Kepala Desa) dan Perangkat Pekon (Desa) lainnya,” Tutur Agung.

Belum Cairnya siltap sangat dirasakan dan mengganggu kinerja perangkat Desa. Apalagi menjelang Ramadan, Otomatis kebutuhan bakal meningkat. Sudah bukan rahasia umum lagi. Meraka berharap, Pemkab Lambar dapat mempertimbangkan nasib Aparatur Pemerintahan Desa yang ada di Kabupaten Lampung Barat yang hebat ini.

(RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*