Berita TerkiniPemerintahanPendidikan

Pengelolaan Dana BOS SMP Negeri 1 Sumber Jaya diduga Sarat akan penyimpangan

IdentikPos.com, Lampung Barat – Biaya Operasional Sekolah (BOS) selama ini selalu menjadi bahan perbincangan, hal tersebut disebabkan pihak sekolah dalam pengelolaannya diduga tidak transparan.

Pengawasan dari pihak dinas pendidikan juga dinilai lemah, seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Saat pihak sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana BOS pada Kemendikbud pada tahun 2020, yang sudah tertuang dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), seperti, Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler, juga pemeliharaan dan perawatan sekolah.

Laporan rekapitulasi dana BOS SMP Negeri 1 Sumber Jaya pada Triwulan I sampai III di tahun 2020 yang di anggarkan oleh pihak sekolah diduga banyak akan kejanggalan.

Seperti, pengecetan dan Perbaikan lainnya.

Pasalnya,di tahun 2020 sekolah Mengganggarkan untuk pemeliharaan dan perawatan sekolah Sebesar, :

-Triwulan I Rp. 34.880.000,-
-Triwulan II Rp. 38.397.000,-
-Triwulan III Rp. 47.637.000,-

Selain itu, Untuk Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler Sekolah Sebesar, :

-Triwulan I Rp. 21.739.000,-
-Triwulan II Rp. 39.434.000,-
-Triwulan III Rp. 29.992.000,-

Sedangkan, di Tahun 2020 kegiatan KBM di Setiap sekolah sempat di berhentikan oleh Pemerintah dalam penanganan Covid-19. sehingganya, sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring.

Dalam hal ini, Sangat diperlukan Pengawasan dari Aparat Penegak Hukum (APH), baik pihak kepolisian (Sat Tipikor) ataupun pihak kejaksaan sehingga dalam laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana BOS para kepala sekolah akan lebih berhati-hati.

Apabila masih ada kepala sekolah yang terbukti melanggar dan menyalahi aturan dalam pengelolaan dana BOS agar secepatnya di proses dan diberikan sanksi sesuai hukum yang berlaku agar ada efek jera kepada para kepala sekolah.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sumber Jaya Joko Purnomo ketika media ini menghubungi melalui WhatsApp pribadinya pada Sabtu, (12/02/2022) belum ada tanggapan. Hingga berita ini di tayangkan, Tim media ini masih menggali informasi dari Pihak yang berkompeten.

 

 

 

Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button