Pemerintahan

Pemerintah Pekon Muara Baru Laksanakan Sosialisasi Pendataan SDGs TA 2021

IdentikPos.com, Lampung Barat – Sustainable Development Goals disingkat SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

TUJUAN DAN SASARAN SDGs DESA :

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

1. Desa tanpa kemiskinan
2. Desa tanpa kelaparan
3. Desa sehat dan sejahtera
4. Pendidikan desa berkualitas
5. Desa berkesetaraan gender
6. Desa layak air bersih dan sanitasi
7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
9. Inovasi dan infrastruktur desa
10. Desa tanpa kesenjangan
11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan.
13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
14. Ekosistem laut desa
15. Ekosistem daratan desa
16. Desa damai dan berkeadilan
17. Kemitraan untuk pembangunan desa
18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :

1. Desa tanpa kemiskinan,
2. Desa tanpa kelaparan,
3. Desa sehat sejahtera,
4. Keterlibatan perempuan desa,
5. Desa berenergi bersih dan terbarukan,
6. Pertumbuhan ekonomi desa merata,
7. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,
8. Desa damai berkeadilan,
9. Kemitraan untuk pembangunan desa, dan
10.Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Kebijakan Program Pembangunan berbasis SDGs Desa Pada prinsipnya sudah dilaksanan oleh Desa sesuai dengan kewenangan Desa sebagaimana amanah UU No. 06 tahun 2014 Tentang Desa. SDGs (Suistanable Development Goals) Desa merupakan pembumian SDGs (global) dengan menambahkan poin kelembagaan Desa dinamis dan budaya Pekon adaptif.

Dalam konteks pembangunan Desa tersebut, saat ini dibutuhkan arahan pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapangan, yaitu yang detil atau mikro, mencakup aspek metode, substansi, dan tujuan akhir, serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu. Sustainable Development Goals (SDGs) atau di Indonesiakan menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB) berposisi mengisi segenap kebutuhan tersebut.

Begitulah Pemaparan Sanan Selaku Peratin (Kepala Desa) Pekon (Desa) Muara Baru, Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat di Ruang kerjanya Pada Selasa, (27/04/2021).

Sanan Mengatakan, Kali ini sasaran pelaksanaan kegiatan sosialisasi, pembentukan pokja relawan pendataan desa/SDGs Desa 2021 adalah Pekon Muara Baru yang mana kegiatan tersebut berlangsung di kantor Pekon Muara Baru pada Tanggal 19 April 2021 lalu.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus pembekalan tim Pokja Relawan Pendataan SDGs bertujuan untuk memberikan penguatan baik konseptual maupun substansial terkait SDGs Pekon kepada pemerintahan Pekon, tim pokja relawan pendataan SDGs Pekon dan masyarakat umumnya.

Pihak yang Terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Pekon ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Pekon, pemerintah daerah kabupaten.

Selanjutnya, bahwa pengembangan SDGs Desa sesuai dengan PP No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam hal ini SDGs Pekon merupakan pembangunan total atas Pekon, yang aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pekon.

SDGs memenuhi kebutuhan akan detil pembangunan yang lebih sesuai dengan kondisi riil dan diterjemahkan sampai level pekon menjadi SDGs pekon. Karenanya mendata dari pekon, dusun, keluarga dan individu adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro dengan maksud dan tujuan untuk mengimplementasikan pembangunan pekon dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

” Diharapkan nantinya Tim Relawan Pendataan SDGs Pekon dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Pekon, Dusun, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan,” Ujarnya.

Lanjutnya, kebetulan ada pembekalan untuk pendataan akhir dari pada program pemerintah menteri desa yaitu SGDs 2021 untuk mengisi data SGDs desa membangun, dengan tujuan supaya data masyarakat itu benar-benar sesuai dengan keadaan desa, baik itu dari data kependudukan,sosial, budaya dan ekonomi.Intinya dengan data-data ini menjadi tolak ukuran demi kesejahteraan kita untuk kedepan

” Tentunya yang ikut mengisi pormulir itu di ambil beberapa unsur karena di dalam pokja itu harus di ambil dari perangkat Pekon, BPD terutama para kadus yang memiliki wilayah,” Katanya.

Masih kata Sanan, pada Titik inilah kepala Pekon berperan penting dalam memimpin proses pemutakhiran data SDGs Pekon.

” Menetapkan Pokja Relawan Pendataan Pekon dalam surat keputusan kepala Pekon.
Menggunakan dana Pekon atau sumber pendapatan lain dalam APB Pekon untuk proses pelaksanaan pemutakhiran data SDGs Desa memantau dan mengawasi proses pelaksanaan pemutakhiran SDGs Pekon Melaksanakan musdes penetapan hasil pemutakhiran data SDGs Pekon,” Tutupnya.

Turut hadir,Hadir Camat Kebun Tebu beserta jajarannya, Babinsa, Babinkhantibmas, Pendamping Kecamatan, Peratin Pekon Muara Baru, BPD, Kadus, dan para undangan yang terlibat sebagai Tim pokja relawan pendataan SDGs Pekon Muara Baru.

Pewarta : DA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button