Berita Terkini

Pelantikan 42 Desa di 13 Kecamatan di Lamsel, Diduga Dijadikan Ajang Bisnis

IdentikPos.com, Lampung Selatan – Kabupaten Lampung Selatan Sukses melaksanakan pelantikan Kades terpilih hasil dari pemilihan serentak gelombang ke II yang di laksanakan pada tanggal 31 Agustus 2023 yang di ikuti oleh 42 kepala desa yang ada di 13 kecamatan di Lampung Selatan.

Pelantikan 42 Kades terpilih yang ada di 13 kecamatan kabupaten Lampung Selatan patut di apresiasi serta menjadi contoh buat kabupaten yang juga akan melaksanakan pelatikan.

Pelantikan dilaksanakan oleh bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di setiap kecamatan secara meriah dan di hadir oleh  Forkompinda, Forkompincam Serta seluruh masyarakat Desa yang Kepala Desa yang dilantik.

yang menarik dan menjadi apresiasi adalah anggaran yang di habiskan untuk pelantikan ke 42 Desa tersebut hanya menghabiskan Anggaran Daerah Rp.39.000.000;00 ( Tiga Puluh Sembilan Juta Rupiah ).

Dicki Yuricki S.Stp.,M.I.P. Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa saat di temui di Ruangan Kerjanya mengatakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menganggarkan untuk pelantikan kades terpilih sebesar Rp.3.000.000;00 ( Tiga Juta Rupiah ) per kecamatan ungkap Dicky Yuricki.

Namun sangat di sayangkan faktanya setelah di lakukan investigasi oleh media ini di beberapa kecamatan yang  melaksanakan Pelantikan di temukan sebuah fakta yang membuat publik kaget dan tercengang di mana berdasarkan sumber yang terpercaya yang tidak mau namanya di cantumkan mengatakan,telah terjadi pungli yang diduga dilakukan oleh pihak panitia pelaksana pelantikan tingkat kecamatan yang juga di ketahui oleh pihak DPMD.

“Kami sebenarnya tidak mau ambil anggaran pelantikan terhadap kades yang di Lantik bang,tapi ya mau bagai mana lagi anggaran pelantikan dari kabupaten hanyalah 3 juta rupiah ya dengan terpaksa kami kecamatan minta lagi terhadap beberapa kades yang di Lantik,itu pun sudah di ketahui pihak DPMD bang” ucap sumber terpercaya yang enggan di sebutkan nama nya.

Dalam hal ini senada yang di ucapkan oleh salah satu sumber di kecamatan lain,Dimana panitia pelaksana pelantikan tingkat kecamatan meminta sampai belasan juta terhadap kades kades terpilih untuk biaya pelantikan.

“ya kalau di pikir ga cukup mas acara pelantikan kalau dengan hanya 3 juta rupiah dari kabupaten,jadinya pihak kita di kecamatan sepakat Ambil 11 juta rupiah dari empat kepala desa terpilih ini mas,itu pun hasil negosiasi dari angka 15 juta” ucap salah satu sumber yang di percaya di kecamatan lain tersebut.

Sampai berita ini di muat pihak DPMD atau pun Bupati Lampung Selatan,Belum di mintai keterangan.

 

 

Pewarta: Aminuddin 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button