Berita TerkiniPolitik

Oknum Bacaleg dari PKB Mesuji Diduga Lakukan Money Politics

IdentikPos.com, Mesuji – Money politik dalam momen pesta Demokrasi memang bukan lagi hal mengejutkan, bahkan sudah seperti tradisi sampai hari ini. demi dapat mencapai apa yang menjadi hajat pihak pihak yang ikut dalam ajang kompetisi tersebut menabrak semua aturan yang ada dengan sadar. Adanya kesan pembiaran oleh pihak pihak yang bertugas dalam pengawasan sekaligus penertiban jalannya Pemilupun sudah menjadi rahasia umum.

Warga yang tidak mau disebut namanya, dalam keterangannya pada beberapa awak media mengaku, BM selaku tim sukses berinisial (Is) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil I diduga telah bagi-bagi amplop berisikan uang 50 ribu rupiah pada masyarakat Desa Pangkal Emas, Kecamatan Mesuji Timur.

Hebatnya, (Is) sendiri selaku Bacaleg yang diduga telah melakukan praktek money politik dalam kampanyenya terkesan santai ketika coba dikonfirmasi awak media melalui via WhatsAppnya.

Ditempat terpisah, Ketua Panwas Kabupaten Mesuji, Doni Fahriza terkait kondisi tersebut dengan jelas mengatakan, dalam KUHP di tegaskan Pemberi dan penerima bisa dipidana.

“Pelaku maupun penerima politik uang bisa dijerat Undang-Undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, dengan sanksi pidana berupa kurungan penjara selama tiga tahun dan denda paling banyak Rp 36 juta, dengan bukti yang kedapatan di tengah masyarakat, sekaligus kesaksian masyarakat langsung perihal pelanggaran UU Pemilu no. 7 tahun 2017,” sebagaimana dinyatakan ketua Panwas Mesuji Selasa 06 Februari 2024.

Bagaimana penyikapan yang akan dilakukan? Akankah ada tindakan tegas dari pihak pihak terkait yang ber kewenangan atau sebaliknya pembiaran.

Lalu, apa langkah yang akan dilakukan pihak Panwas dalam hal ini.???

 

Pewarta: Dedy Saputra 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button