Berita Terkini

Muncul Kisruh Rekapitulasi di Katibung, Ketua Bawaslu Lamsel Tegaskan Tidak Mudah Buka Ulang Kotak Suara

IdentikPos.com, Lampung Selatan – Proses rekapitulasi suara hasil pemilu 2024 di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan terganggu akibat berbagai protes yang dilayangkan beberapa pihak.

Protes itu muncul lantaran ada ketakutan para pendukung calon terkait adanya dugaan kecurangan oknum caleg, oknum penyelenggara pemilu, hingga dugaan kecurangan lainnya.

Akibatnya, pihak-pihak yang merasa dirugikan menuntut di salah satu TPS, yaitu TPS 1 Desa Sidomekar, Kecamatan Katibung agar kotak suara dibuka kembali saat rekapitulasi dan pleno masih berlangsung.

Menyikapi situasi itu, Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Wazzaki menyebut pembukaan kembali kotak suara hanya bisa dilakukan jika ada kejadian tertentu, yang tertuang dalam C kejadian yang dilaporkan sejak proses penghitungan di tingkat TPS.

“Tetapi klausul pasal di pasal 347-348 itu tidak memberikan ruang untuk kita membuka kotak suara. Kecuali ada C kejadian yang terjadi waktu di TPS,” katanya Minggu 25 Februari 2024.

Dijelaskannya, dalam pasal itu ada sekitar delapan syarat yang harus dipenuhi agar kotak suara bisa dibuka kembali.

” Jika tidak ada C kejadian yang terjadi di TPS dan tidak ada komplain dari saksi saat rekapitulasi di tingkat TPS dilakukan saat itu, maka kotak suara tidak bisa sembarangan dibuka kembali,” tegasnya.

 

Pewarta: Suroso/Tim Rilis 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button