Kini Masih Melegenda, Misteri Batu Menyerupai Sepasang Pengantin di Pekon Batu Kebayan

IdentikPos.Com, Lampung Barat – Batu Kebayan adalah sebuah Pekon (Desa) di kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Disini terdapat cagar budaya berupa batu yang menyerupai sepasang pengantin yang sedang bersanding. Karena itulah dinamakan Batu Kebayan yang dalam Bahasa Lampung artinya “Batu Pengantin”.

Jika anda hendak bepergian dari atau akan ke Kota Liwa dari arah Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara, pasti akan melewati kawasan ini.

Menurut cerita rakyat, ada tiga versi yang di himpun tentang Sejarah keberadaan batu kebayan ini yaitu,

– Versi pertama, yang berkembang di daerah sekitar Cagar Budaya Pekon Batu Kebayan, Batu ini berawal dari pasangan pengantin yang tidak direstui oleh kedua orang tuanya sehingga di kutuk jadi batu.

– Versi kedua, menyampaikan bahwa asal mula batu ini yaitu ketika itu ada banyak orang terpesona melihat pasangan pengantin yang sedang beriringan dan setiap orang berusaha untuk menegur karena tidak ada respon, akhirnya kesal sehingga orang tersebut menyumpahkan pasangan pengantin untuk jadi batu, seketika itu juga pasangan pengantin itu jadi batu.

– Sedangkan, Versi Ketiga adalah saat ingin iring-iringan pengantin sedang berjalan, Si Pahit Lidah menegur dari atas Gunung Pesagi tetapi si Pasangan Pengantin Tidak pernah Menjawab, maka murka lah si Pahit Lidah dan menyumpahkan pengantin tersebut jadi Batu.

Kawasan ini pernah di pugar pada tahun 2005, saat itu daerah ini masih menjadi wilayah Kecamatan Belalau. namun, pemugaran tersebut tetap mempertahankan keaslian cagar budaya Batu Kebayan yang merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Kabupaten Lampung Barat.

(*/RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*