Bupati Pemalang Terima Kunjungan Tim ODF Provinsi Jawa Tengah

IdentikPos.com, Pemalang – Mungkin saat sekarang masyarakat awam belum mengetahui sekali ada istilah ODF ( Open Defecation Free ) yang berasal dari kata-kata bahasa inggris ini.

Yang mana itu merupakan satu program dari Dinas atau instansi Pemerintah bidang Sanitasi (kesehatan) baik itu kesehatan untuk diri sendiri dan lingkungan masyarakat tersebut.

Dalam mekanismenya adalah :
memberikan penyuluhan, atau informasi, bimbingan, juga mengajak masyarakat secara luas untuk berperilaku sehat, menjaga kebersihan diri, keluarga juga tempat tinggal mereka.

Serta lebih khususnya mencermati, kebersihan MCK pada satu wilayah tertentu yang bertujuan Terciptanya kondisi bersih, higienis, dan sehat bagi masyarakat di lingkungan wilayah tersebut.

Rupanya perhatian yang sangat besar dari Bupati Pemalang, beserta jajarannya khususnya di birokasi atau Instansi Kesehatan (sanitasi), adapun adanya tindak lanjut dari tim ODF tingkat provinsi Jateng datang ke kota Pemalang.

Tim tersebut melakukan observasi (pemantauan dan mendata) menggali informasi bagaimana kebersihan, MCK dimasing -masing rumah warga-warga setiap desa atau kelurahan.

Memanglah bukan pekerjaan yang mudah kegiatan observasi tersebut memang sudah dijalankan beberapa bulan.

Karena luas wilayah kabupaten mencakup sekitar 224 desa dan kelurahan Masyarakat luas dan lebih utama nya masyarakat pedesaan, atau perkampungan.

Mungkin karena minimnya pengetahuan masyarakat awam tentang kesehatan ditingkat pedesaan, atau perkampungan.

Tentang pola BAB seharusnya ada tempat tersendiri, tidak melakukannya di pekarangan, atau sungai karena dikhawatirkan Ada efek samping yang buruk pada hal kesehatan tersebut.

Maka tim Sanitasi Provinsi Jawa tengah dibantu kader-kader PKK dari pemerintah Desa atau kelurahan juga dari jajaran Instansi atau birokrasi sanitasi kabupaten Pemalang.

Melakukan sidak ke tiap-tiap rumah warga atau masyarakat wilayah desa atau kelurahan untuk melihat langsung MCK, juga memberikan penyuluhan tentang jarak yang sehat antara WC dengan kolam untuk mandi atau sumber air mandi, untuk cuci baju dan mungkin sumber tersebut untuk minum dan sebagainya.

Karena menurut kesehatan kalau jarak terlalu dekat dikhawatirkan dari air resapan bekas menyiram BAB yang banyak mengandung bakteri Coli bisa merugikan kesehatan masyarakat tersebut.

Pada hari ini rabu 25 mei 2022 ada acara laporan verifikasi ODF dari tim Provinsi Jawa tengah kepada Bapak Bupati dan wakil Bupati pemalang di pendopo Kabupaten Pemalang.

Disaksikan semua tim sanitasi kabupaten Pemalang beserta ibu-ibu kader-kader PKK daritiap-tiap desa yang telah berkiprah.

Disambut bapak Mansur Hidayat, S.T., dan jajaran FORKOPIMDA Pemalang
Dalam kesempatan beliau memberikan kata sambutannya,

“Assallam mualaikum wr.wb. selamat siang semuanya salam kebajikan tidak lupa kita ucapkan syukur Alhamdulillah serta sholawat dan salam kepada Baginda Nabi dan Rassul kita Muhammad SAW, ucapan terimakasih saya ucapkan kepada tim Provinsi Jateng yang sudah melakukan verifikasi ODF di wilayah kabupaten Pemalang,”ujarnya.

” Dan hari ini juga melaporkan verifikasinya kepada saya mewakili bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo .ST. MSi., Ada hasil dari observasi yang dilakukan tim Provinsi Jateng mengenai ODF didampingi tim sanitasi diwilayah pemerintah tingkat desa atau kelurahan,”Terangnya.

Lanjutnya, Ada sekitar 8 yang perlu adanya pembenahan sarana BAB untuk masyarakat yaitu, di kelurahan Pelutan.

” Semoga ini untuk tindaklanjutnya tidak lama akan segera dilakukan oleh tim kesehatan kabupaten dibantu dan dipantau pak Lurah dan perangkatnya,”
Pungkasnya.

 

 

Pewarta: Nasrun/ Ramsus Susmono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*